Foto Perwira TNI Bertemu Gibran Diviralkan, TNI AD Tegaskan Tak Terkait Pilpres

Foto Perwira TNI Bertemu Gibran Diviralkan, TNI AD Tegaskan Tak Terkait Pilpres
Foto Perwira TNI Bertemu Gibran Diviralkan, TNI AD Tegaskan Tak Terkait Pilpres

Foto perwira TNI bertemu dengan Gibran Rakabuming Raka diviralkan di media sosial. Salah satu yang mengunggahnya adalah sastrawan Goenawan Mohamad (GM). TNI AD memastikan pertemuan itu terjadi sebelum Gibran mendaftar sebagai cawapres .
Dilihat dari akun X miliknya, Sabtu (11/11/2023), Goenawan mengunggah foto Gibran dengan rombongan perwira TNI AD. “Perwira-perwira AD ini datang ke Solo menghadap Gibran, calon wapres yg sedang disiapkan utk menang. Netralitas TNI?,” tulis Goenawan.

detikcom kemudian menghubungi Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen Kristomei Sianturi terkait foto yang diunggah oleh Goenawan Mohamad. Kristomei mengatakan foto itu diambil dalam kegiatan on the job training wilayah pertahanan perwira siswa Dikreg LXIII Seskoad pada 4-8 September 2023.

“Bahwa foto ini diambil dalam kegiatan On The Job Training (OJT) Wilayah Pertahanan ( Wilhan) Perwira siswa Dikreg LXIII Seskoad yang dilakukan dari tgl 4-8 September 2023 dengan sasaran 10 Kodim di wilayah Kodam IV/Diponegoro. Termasuk didalamnya Kodim 0726/Sukoharjo dan Kodim 0735/Surakarta,” kata Kristomei.

Kristomei juga membantah narasi menghadap seperti yang termuat dalam unggahan Goenawan Mohamad. Dia mengatakan foto tersebut diambil dalam rangkaian kunjungan ke beberapa lokasi, bukan hanya Pemkot Solo.

TNI AD menegaskan kehadiran Gibran Rakabuming Raka selaku Wali Kota Solo di foto itu tidak terkait dengan urusan capres dan cawapres. Peristiwa itu terjadi sebelum Gibran mendaftar sebagai cawapres ke KPU.

Seperti diketahui, Prabowo dan Gibran Rakabuming mendaftar ke KPU sebagai capres-cawapres pada tanggal 25 Oktober 2023.

Lebih lanjut Kristomei memastikan TNI AD akan bersikap netral dalam pemilu mendatang. Hal itu sesuai dengan aturan dalam UU Pemilu di mana TNI-Polri harus bersikap netral.

“TNI AD akan selalu memegang teguh komitmen netralitas TNI sesuai apa yang diamanatkan dalam UU No. 34 tahun 2004, Pasal 39. Dan UU No 7 tahun 2017, tentang Pemilu. Prajurit TNI AD yang prima, pengawal demokrasi, netral, menuju pemilu 2024 yang damai. Mari bersama sama kita sukseskan Pemilu 2024,” pungkas Kristomei.

Penjelasan serupa juga telah diunggah akun resmi TNI AD di X untuk membalas cuitan Goenawan Muhamad.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *