24 November Memperingati Hari Apa? Ada Black Friday hingga Hari Evolusi

24 November Memperingati Hari Apa? Ada Black Friday hingga Hari Evolusi
24 November Memperingati Hari Apa? Ada Black Friday hingga Hari Evolusi

Berbagai peristiwa dan hari penting diperingati pada tanggal 24 November. Lantas, apa saja hari penting pada tanggal 24 November 2023? Berikut informasinya.
Tanggal 24 November 2023 bertepatan dengan hari Jumat dalam kalender Masehi. Selain itu, 24 November adalah hari ke 328 dalam kalender Gregorian dan 37 hari menjelang akhir tahun.

Pada tanggal 24 November terdapat berbagai peringatan hari penting yang dilakukan di berbagai belahan dunia. Untuk mengetahui peringatan apa saja yang bertepatan dengan tanggal ini, simak penjelasan berikut ini yang dikutip detikJogja dari laman National Today dan Anyday Guide.

24 November Memperingati Hari Apa?
Hari Evolusi
Pada tanggal 24 November diperingati sebagai Hari Evolusi. Hari Evolusi bertujuan untuk mengenang penerbitan pertama karya Charles Darwin yaitu ‘The Origin of Species’ yang terbit pada 24 November 1859.

Pada karya ilmiah tersebut, Charles Darwin memperkenalkan teori evolusinya yang masih sering menjadi topik pembahasan hingga sekarang. Dalam teorinya, Darwin mengatakan bahwa populasi berevolusi melalui proses seleksi alam.

Perayaan Hari Evolusi telah dilakukan pada tahun 1909 sebagai peringatan 50 tahun terbitnya ‘The Origin of Species’ dan 100 tahun kelahiran Charles Darwin. Hanya saja istilah Hari Evolusi baru tercipta tahun 1990. Melalui peringatan ini, masyarakat dapat mendapat dan memberikan edukasi tentang biologi evolusi serta mengadakan berbagai acara pendidikan.

Bagi para penjual toko, Black Friday menjadi hari yang ditunggu-tunggu karena akan mendatangkan keuntungan besar. Berbagai kegiatan yang dapat dilakukan pada hari ini adalah mengantre di tempat belanja favorit dan memborong berbagai barang belanja.

Hari Merayakan Bakat Unik
Hari Merayakan Bakat Unik atau Celebrate Your Unique Talent day dirayakan pada tanggal 24 November. Pada hari ini berbagai bakat unik yang dimiliki seseorang akan dirayakan dan dibanggakan. Seseorang dengan bakat unik akan mendapat kepercayaan diri dan bersemangat untuk mengembangkan bakatnya.

Berbagai kegiatan yang dapat dilakukan seperti menampilkan bakat unik yang dimiliki, mengunggah bakat unik di media sosial, dan memberikan hadiah bagi orang-orang dengan bakat unik.

Hari Tidak Membeli Apa-apa
Ketika Black Friday dirayakan dengan membeli barang-barang secara masif, terdapat perayaan yang menolak hari tersebut yang dikenal dengan Hari Tidak Membeli Apa-apa atau Buy Nothing Day. Peringatan hari ini digagas sejak tahun 1992 oleh seorang seniman Kanada, Ted Dave, yang bertujuan untuk menolak perilaku berbelanja secara besar-besaran.

Berbagai aksi unjuk rasa yang dilakukan seperti menuju pusat belanja dengan wajah kosong, tidak membeli barang-barang dan hanya duduk di area belanja, dan menyimpan uang untuk ditabung. Dengan adanya hari ini dapat membantu menekan jumlah sampah dan pengeluaran tambahan yang sangat tinggi yang sering terjadi pada minggu-minggu sekitar Thanksgiving.

Peringatan Hari Lahir dan Kematian Berbagai Tokoh
Pada tanggal 24 November juga menjadi hari kelahiran bagi beberapa tokoh di dunia seperti Presiden Amerika Serikat ke-12, Zachary Taylor, yang lahir tahun 1784. Kemudian ada Ki Bagus Hadikusuma yang merupakan anggota BPUPKI dan ketua Muhammadiyah yang lahir tahun 1890.

Selanjutnya ada politikus Indonesia sekaligus putra ke-2 Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono, Edhie Baskoro Yudhoyono, yang lahir tahun 1980. Beberapa selebriti yang lahir pada tanggal ini adalah Devina Kirana, Danielle Nicolet, Katherine Heigl, dan masih banyak lagi.

Selain menjadi hari kelahiran, terdapat juga tokoh-tokoh yang meninggal pada tanggal 24 November, di antaranya Kaisar Kotoku dari Jepang, mantan marinir Amerika Serikat dan pelaku pembunuhan J. F. Kennedy, Lee Harvey Oswald, dan penyanyi Queen, Freddie Mercury.

Nah, itulah informasi mengenai peringatan dan perayaan hari-hari penting yang jatuh pada tanggal 24 November. Semoga bermanfaat, Lur!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *