Enzy Storia Pamer Dilantik Jadi Istri Diplomat, Apa Saja Sih Tugas dan Fungsinya?

Enzy Storia Pamer Dilantik Jadi Istri Diplomat, Apa Saja Sih Tugas dan Fungsinya?
Enzy Storia Pamer Dilantik Jadi Istri Diplomat, Apa Saja Sih Tugas dan Fungsinya?

Tinggal di Amerika sejak menjadi istri Maulana Kasetra, Enzy Storia resmi jadi ibu Dharma Wanita alias ibu KBRI (Kedutaan Besar Republik Indonesia) Washington D.C. Jadi penasaran, apa ya tugas istri diplomat?

Potret Enzy Storia menjadi ibu KBRI Washington D.C ini dibagikan akun Instagram pribadinya, dilihat suara.com, Kamis (21/12/2023) tampak perempuan berusia 31 tahun tampil bersahaja mengenakan celana panjang hitam sepatu pantofel dan kemeja batik lengan panjang merah.

Tidak hanya sendiri, Enzy Storia juga asik mengabadikan momen bersama ibu ibu Dharma Wanita lainnya di gedung KBRI Washington D.C. Tidak kurang dari 17 istri diplomat, termasuk dengan Enzy bergabung dan berpose di tangga dengan seragam yang sama.
Selain itu, di foto lainnya terlihat juga Enzy hanya foto berdua suaminya Maulana Kasetra alias Molen Kasetra di lokasi foto yang sama. Lelaki yang berprofesi sebagai diplomat dan bertugas di KBRI itu juga terlihat mengenakan busana formal.

Molen Kasetra tampil tampan dengan kemeja putih lengan panjang sebagai inner, dan jas serta celana hitam lengkap dengan sepatu pantofel yang membuat tubuhnya semakin terlihat tegap.

Selain foto tersebut, terlihat Enzy bersama para istri diplomat lainnya dikukuhkan sebagai ibu Dharma Wanita melalui upacara dan ikrar di gedung kepanjangan tangan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) tersebut.
Menariknya, tidak hanya mengenakan busana kemeja batik, Enzy juga tampil cantik mengenakan seragam Dharma Wanita berwarna oranye usai dikukuhkan. Ia tampil cantik dan membiarkan rambutnya tata dengan cepolan, agar memberikan kesan formal.

Melansir karya tulis Ayu WUlandari, Departemen Ilmu Sejarah Universitas Gadjah Mada (UGM) pada 2021, menyebutkan peran para istri diplomat sangat penting karena turut membentuk citra baik Indonesia di luar negeri.

Hal ini sebagaimana kisah Hurustiati Soebandrio, yaitu seorang istri diplomat ulung Soebandrio. Karir sukses Soebandrio sebagai Duta Besar Indonesia di London, tidak lepas dari peran istrinya Hurustiati.

Pasalnya Hurustiati mampu menjalankan peran ganda, selain sebagai istri diplomat tapi bisa menampilkan citra baik Indonesia di hadapan para diplomat dunia lainnya.

Apalagi dalam diskusi dengan para istri diplomat lainnya, Hurustiati juga aktif dalam pergerakan perempuan, khususnya membahas tentang kesetaraan gender, termasuk yakin perempuan bisa terjun ke ranah publik, dan banyak menyampaikan pandangan tentang emansipasi berkat pengaruh pahlawan Indonesia Raden Ajeng Kartini.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *