Kepala Komisi Sekuritas Brasil Sebut CBDC Dapat Mematikan Kripto Kecil

Kepala Komisi Sekuritas Brasil Sebut CBDC Dapat Mematikan Kripto Kecil
Kepala Komisi Sekuritas Brasil Sebut CBDC Dapat Mematikan Kripto Kecil

Pemerintah Brasil menaruh harapan besar terhadap masa depan drex, mata uang digital bank sentral Brasil (CBDC). Kepala Komisi Sekuritas dan Bursa Brasil (CVM), Joao Pedro Nascimento menyatakan penerbitan Drex akan mematikan banyak cryptocurrency karena beberapa faktor.

Selama simposium keuangan, Nascimento menyatakan meskipun mata uang kripto yang lebih besar dan sudah mapan akan aman, Drex akan mengalihkan perhatian dari proyek mata uang kripto yang kurang dikenal dengan menawarkan banyak fungsinya hanya dalam satu token.

“Saya tidak berbicara tentang Bitcoin, tetapi Drex akan mengurangi daya tarik mata uang kripto yang lebih kecil,” kata Nascimento, dikutip dari Bitcoin.com, Sabtu (30/12/2023).

Ini bisa terjadi karena Drex bertujuan untuk memasukkan banyak keuntungan yang ditawarkan mata uang kripto saat ini, seperti kemampuan program kontrak pintar dan interaksi dengan struktur yang ada karena asal usulnya yang kompatibel dengan Ethereum.

Kemudian ini dikombinasikan dengan kecepatan dan kepraktisan teknologi buku besar terdistribusi (DLT) yang dikembangkan. Menurut pemberitaan sebelumnya, Drex diperkirakan akan diluncurkan tahun depan.

Pendekatan Berbeda terhadap Regulasi Kripto
Meskipun regulator lain telah mengambil sikap keras terhadap mata uang kripto, CVM mempromosikan pendekatan yang lebih fleksibel.

Nascimento menekankan meskipun inovasi teknologi memerlukan regulasi, hal ini harus dilakukan secara inklusif, dengan mengidentifikasi peluang untuk mengintegrasikan teknologi tersebut alih-alih menghambat inovasi.

“Setiap kali manusia mencoba menghentikan inovasi, mereka selalu gagal. Saya memahami bahwa kita harus melihat peluang dalam hal-hal baru dan mencoba membawa hal-hal baru ini agar dapat diterima pasar,” ujar Nascimento.

Nascimento membela kebangkitan ekonomi mata uang kripto yang diatur, yang membawa semua pelaku “baik” di sektor ini ke bawah hukum.

Alternatif untuk hal ini adalah dengan mendorong mereka ke dalam pasar marginal di mana risiko yang berasal dari tindakan mereka akan timbul tanpa adanya kesempatan untuk mengendalikan kemungkinan kejadian negatif seperti pencucian uang dan penghindaran pajak.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *