Infografis Banjir Terjang Kota Bandung Akibat Tanggul Cikapundung Jebol

Infografis Banjir Terjang Kota Bandung Akibat Tanggul Cikapundung Jebol
Infografis Banjir Terjang Kota Bandung Akibat Tanggul Cikapundung Jebol

Banjir menerjang kawasan Braga di Kota Bandung, Jawa Barat. Air bah setinggi sekitar 1 meter hingga 1,5 meter itu melimpas ke permukiman warga diduga akibat jebolnya Tanggul Sungai Cikapundung setelah hujan lebat mengguyur kawasan Bandung Utara pada Kamis 11 Januari 2024.

Bukan hanya Braga. Banjir setinggi sekitar 0,5 meter juga melanda kawasan Tamansari, Kota Bandung. Selain luapan Sungai Cikapundung, banjir ini diduga kiriman dari Kabupaten Bandung Barat dan kawasan Bandung Utara yang diguyur hujan lebat.

Merujuk data yang dihimpun Liputan6.com, hingga Jumat 12 Januari 2024 pukul 11.00 WIB, sekitar 600 rumah di 4 rukun warga (RW) terdampak banjir Braga di Kelurahan Braga, Kecamatan Sumur Bandung. Dengan demikian, ada 857 warga terdampak banjir dan 150 orang dievakuasi.

Sementara di Kelurahan Tamansari, Kecamatan Bandung Wetan, sekitar 100 rumah di 4 rukun tetangga (RT) di 1 RW terdampak banjir. Tercatat, sekitar 250 warga terdampak banjir.

Tanggul Cikapundung jebol disebut-sebut menjadi penyebab banjir yang menerjang permukiman warga di kawasan Braga, Bandung. Sejak Kamis 11 Januari 2024, tim gabungan dari sejumlah instansi kota setempat maupun provinsi telah diterjunkan ke lokasi banjir.

Penjabat (Pj) Wali Kota Bandung Bambang Tirtoyuliono mengakui tanggul Sungai Cikapundung yang jebol di lokasi banjir telah lama tidak mendapatkan perbaikan. Tanggul tersebut diperbaiki terakhir kalinya pada 2004.

Bagaimana petikan penjelasan Pj Wali Kota Bandung tersebut? Bagaimana pula respons Pj Gubernur Jawa Barat Bey T. Machmudin? Simak selengkapnya dalam rangkaian Infografis berikut ini:

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *