Gempa Guncang Sukabumi Terasa hingga Bogor Hari Ini Minggu 14 Januari 2024

Gempa kembali terjadi di wilayah Indonesia. Berdasar laporan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) pada pukul 18.20 WIB, gempa tersebut terjadi di Kota Sukabumi, Provinsi Jawa Barat, Minggu (14/1/2024).

Saat gempa terjadi, getarannya bahkan terasa hingga wilayah Bogor dalam skala II MMI (Modified Mercalli Intensity). Ada pun lindu terjadi pada pukul 03:13:37 WIB.

Pusat gempa berada di darat 26 km Utara Kabupaten Sukabumi,” jelas BMKG dilaman resminya.

Sementara, lokasi gempa terletak pada koordinat titik 6,75 Lintang Selatan (LS) dan 106,55 Bujur Timur (BT).

Apa Itu dan Tanggap Bencana Gempa Bumi
Untuk diketahui, gempa bumi adalah bencana alam yang bersifat merusak. Fenomena ini bisa terjadi setiap saat dan berlangsung dalam waktu singkat. Dan Indonesia termasuk wilayah rawan akan bencana gempa.

Gempa bumi adalah bencana yang bisa menyebabkan kerugian nyawa dan materil.

Menurut WHO, secara global gempa bumi menyebabkan 750 ribu kematian selama kurun 1998-2017. Lebih dari 125 juta orang terkena dampak gempa bumi selama periode ini.

Tanggap Bencana Gempa Bumi
Meski tak bisa dicegah, gempa bumi adalah bencana yang bisa dihadapi. Salah satu cara menghadapi gempa bumi adalah tanggap akan bencana gempa bumi.

Contoh tanggap gempa bumi adalah mengetahui prosedur evakuasi dan mematuhi pedoman keselamatan ketika bencana ini datang.

Menurut BNPB, gempa bumi adalah getaran atau guncangan yang terjadi di permukaan bumi yang disebabkan oleh tumbukan antar lempeng bumi, patahan aktif, akitivitas gunung api atau runtuhan batuan.

Menurut BMKG, gempa bumi adalah peristiwa bergetarnya bumi akibat pelepasan energi di dalam bumi secara tiba-tiba yang ditandai dengan patahnya lapisan batuan pada kerak bumi.

Menurut WHO, gempa bumi adalah guncangan hebat dan tiba-tiba dari tanah, yang disebabkan oleh pergerakan antara lempeng tektonik di sepanjang garis patahan di kerak bumi. Gempa bumi dapat mengakibatkan goncangan tanah, likuifaksi tanah, tanah longsor, retakan, longsoran, kebakaran dan tsunami.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *